tugas sofyskill 3

A. Definisi 1. Sistem Komputer Komputer berasal dari kata Computare yang berarti “Menghitung”. Menurut Hamacher komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut Jerry FutzGerald sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Sedangkan sistem komputer itu sendiri adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi. 2. Kognitif Manusia Istilah “Cognitive” berasal dari kata cognition artinya adalah pengertian, mengerti. Kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan saraf pada waktu manusia sedang berpikir. Pengertian luasnya cognition (kognisi) adalah perolehan, penataan, dan penggunaan pengetahuan. Dalam pekembangan selanjutnya, kemudian istilah kognitif ini menjadi populer sebagai salah satu wilayah psikologi manusia / satu konsep umum yang mencakup semua bentuk pengenalan yang meliputi setiap perilaku mental yang berhubungan dengan masalah pemahaman, memperhatikan, memberikan, menyangka, pertimbangan, pengolahan informasi, pemecahan masalah, kesengajaan, pertimbangan, membayangkan, memperkirakan, berpikir dan keyakinan. Termasuk kejiwaan yang berpusat di otak ini juga berhubungan dengan konasi (kehendak) dan afeksi (perasaan) yang bertalian dengan rasa. B. Kelebihan 1. Sistem Komputer  Pengguna bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi pada saat yang bersamaan  Pengguna bisa membuka lebih dari satu file dalam waktu yang bersamaan  Pengguna bisa sharing dari data aplikasi yang lain dengan mudah.  Terdapat banyak aplikasi yang kompatibel dengan windows.  And user artinya orang yang awam tentang komputer bias menjalankannya.  Banyak didukung oleh vendor hardware dan software.  Digunakan oleh mayoritas pengguna komputer di dunia. 2. Kognisi Manusia  Dapat meningkatkan motivasi  Dapat membantu guru untuk mengenal siswasecara individu sehingga dapat mengembangkan kemampuan siswa  Dapat melihat tingkat perkembangan kognitif manusia mulai dari bayi hingga dewasa sehingga memudahkan untuk memilih pelajaran yang tepat bagi anak di usia tertentu  Dapat mempelajari materi pembelajaran yang rumit untuk memecahkan dan untuk menciptakan kreasi atau ide baru  Dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah C. Kekurangan 1. Sistem Komputer  Menyebabkan ketergantungan penggunaan produk Microsoft.  Space hardisk yang dibutuhkan besar.  Sistem security yang lemah dan mudah dijebol oleh para hackers.  Membutuhkan memori fisik besar.  Membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi.  Harga licensi yang mahal.  Membutuhkan perawatan yang terus menerus dan prosedur yang sesuai dengan panduan yang ada saat menggunakannya. 2. Sistem Kognisi Manusia  Dianggap dekat dengan psikologi belajar daripada teori belajar, sehingga dalam proses belajar menjadi tidak mudah  Dianggap sulit dipraktekkan secara murni karena seringkali merasa bingung untuk memahami unsur-unsur kognitif menjadi bagian-bagian yang jelas  Tidak menyeluruh untuk semua tingkat pendidikan  Sulit dipraktekkan khususnya ditingkat lanjut  Beberapa sulit dipahami dan pemahamannya masih belum tuntas.

Komentar